Senin, 14 Juli 2014

Software (Perangkat Lunak)

Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.[1][2][3]
Perangkat lunak terbagi menjadi tiga jenis, yakni:

  1. Perangkat lunak sistem operasi
Perangkat lunak sistem operasi adalah perangkat lunak yang menjalankan seluruh kegiatan pada komputer. Sistem operasi adala perangkat yang berkomunikasi dengan perangkat keras. Komputer tidak akan berfungsi tanpa adanya sistem operasi. Peran sistem operasi adalah sebagai antarmuka dengan penggunanya. Tidak mungkin menjalankan perangkat lunak yang lain tanpa adanya sistem operasi. Contoh sistem operasi adalah Windows, Linux dan Macintosh.




  1. Perangkat lunak aplikasi

Perangkat lunak ini diciptakan bertujuan untuk menyelesaikan masalah yang spesifik dan khusus di bidang tertentu saja. Seperti misalnya Microsoft Word untuk text processing, Corel Draw untuk desain grafis, dan lain sebagainya. Bahkan ada juga perangkat lunak aplikasi yang ditujukan untuk hiburan, misalnya pemutar video, mp3 dan juga game.


  1. Perangkat lunak bahasa pemrograman

Perangkat lunak ini diciptakan untuk membuat sebuah perangkat lunak aplikasi baru atau program. Perangkat lunak pemrograman ini adalah perangkat yang memudahkan pemakainya untuk menuliskan program tanpa harus bersusah payah. Contoh perangkat lunak jenis ini adalah Borland Delphi, Microsoft Visual Studio, Eclipse, Netbeans, dan lain sebagainya.
Cara Kerja Perangkat Lunak Komputer:
Berikut Video Cara Kerja Perangkat Lunak..

Referensi :
http://belajar-komputer-mu.com/kenali-bagaimana-cara-kerja-komputer/
http://www.youtube.com/watch?v=9N3W11Zz2LE

0 komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang baik meninggalkan jejak dengan komentar, silahkan isi komentar dengan kata-kata yang sopan. Anda sopan, kami segan.