Selasa, 22 Januari 2013

Perkembangan Teknologi informasi dan Pengaruhnya terhadap Kehidupan Sosial

Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat ternyata berdampak dalam kehidupan sosial. Contohnya seseorang yang telah kecanduan “Jejaring Sosial” biasanya jarang bersosialisasi dengan orang-orang disekitarnya.

Sebagai contoh, pada zaman dahulu anak-anak sering menghabiskan waktu luangnya dengan
bermain permainan tradisional bersama teman-temannya. Mereka saling berinteraksi dalam permainan secara langsung.

Akan tetapi, sejak berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, waktu luang mereka sudah hampir ataupun bahkan tidak mereka gunakan lagi untuk bermain bersama. Waktu luang itu mereka habiskan dengan menonton Televisi, bermain video game ataupun menjelajagi internet.

Internet, merupakan salah satu buah hasil perkembangan teknologi informasi yang sedang menjamur saat ini. Internet sudah dapat kita gunakan dimanapun, khususnya di perkotaan. Warnet-warnet bertebaran dimana-mana. Dengan internet ini, kita dapat melakukan sebagian besar kegiatan hanya dari suatu tempat. Bahkan, kita tidak perlu keluar  rumah jika hendak memesan sesuatu.

Memang benar, internet itu layaknya dunia yang sangat luas, dengan menjelajahi internet itu layaknya kita berkeliling dunia, kita bahkan dapat melakukannya seharian.  tapi itu hanyalah bersifat semu (tidak nyata)  karena dunia dalam kehidupan yang nyata itu ialah dunia tempat kita dimana berpijak (dunia fana).
Internet


Hasil dari perkembangan teknologi selanjutnya yang juga berpengaruh yaitu Televisi. Anak atau remaja sering terhanyut oleh tayangan televisi, sehingga kesadarannya seolah-olah disugesti oleh daya pikat televisi. Ditambah lagi televisi sering berpenggaruh terhadap pandangan dan sikap, sampai perilaku mereka. Meskipun ada tayangan di televisi yang mendidik, tetapi banyak pula siaran di televisi yang tidak mendidik.

Mononton televisi memang memberikan banyak manfaat. Terutama dalam pendidikan, televisi dapat memberikan kita banyak pengetahuan umum. Layaknya internet, kita dapat mengetahui keadaan yang sedang terjadi di seluruh dunia. Apalagi sekarang sudah ada televisi yang bisa menggunakan internet (internet TV), sehingga selain menonton televisi, kita juga dapat browsing di internet.

Selain itu, televisi juga memiliki dampak terhadap pola kehidupan anak-anak pada jaman sekarang. Dampaknya yang paling dikhawatirkan ialah tindakan peniruan perbuatan kekerasan. Terlebih jika anak sering melihat film kekerasan, maka akan ada kemungkinan akan meniru adegan didalam film tersebut. Selain itu, dengan adanya televisi, dapat menimbulkan suatu kebiasaan tidur larut malam, sehingga akan menyebabkan anak yang belajar di sekolah ataupun pegawai menjadi tidak fokus terhadap kegiatannya karena mengantuk, atau bahkan tidur saat jam pelajaran ataupun saat bekerja.

Contohnya pada saat ditayangkannya pertandingan final Liga Eropa (Europe Champions League) banyak penggemar sepakbola baik itu pelajar maupun pegawai kantoran yang menyukai sepakbola tidak ingin ketinggalan pertandingan ini walaupun ditayangkan pada larut malam. Akibatya, mereka akan mengantuk saat melaksanakan kegiatannya, bahkan dapat menyebabkan keterlambatan datang ke sekolah ataupun  kantor karena kesiangan.
Internet TV


Hasil perkembangan teknologi yang selanjutnya ialah video game. Semakin berkembangnya teknologi informasi, video game juga ikut berkembang seiring berkembangnya teknologi. Game yang ditawarkan semakin menarik, bahkan sudah banyak game online, yaitu game yang dimainkan menggunakan jaringan internet. Dengan adanya game online, game dapat dimainkan secara bersama dengan pemain lain yang ada di seluruh dunia. Akan tetapi, bagi pecandu game ini, mereka akan menjadi anti sosial. Karena seringnya bermain game, bahkan hingga ‘lupa waktu’ sehingga mereka akan jarang berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya secara langsung.

Bagi pelajar , kecanduan bermain game merupakan masalah serius. Mereka akan melupakan masalah sekolahnya. Akibatnya, tugas-tugas yang diberikan terabaikan, dan akan berpengaruh terhadap nilai mereka di sekolah.

Tidak salah jika bermain video game. Video game ini memanglah dibuat agar dapat dinikmati oleh semua orang sebagai hiburan. Nikmatilah game yang telah dibuat itu pada waktu yang tepat. Contohnya pada waktu senggang, untuk menghilangkan stress karena banyaknya kegiatan.


Perkembangan Video Game

Sebenarnya masih banyak lagi hasil dari perkembangan teknologi informasi yang memberikan pengaruh terhadap pola kehidupan kita, saya hanya menguraikan sebagian kecilnya saja.

Teknologi Informasi memang berkembang sangat pesat, perkembangan ini memang akan memberikan pengaruh bagi kita sebagai pengguna teknologi itu. Ambil saja manfaatnya, dan jauhkan yang merugikan diri kita sendiri maupun orang lain. Gunakanlah teknologi itu sesuai kebutuhan kita. Jangan terlalu berlebihan dalam memakainya. Karena semua yang dilakukan secara berlebihan itu tidaklah baik.

1 komentar:

Pembaca yang baik meninggalkan jejak dengan komentar, silahkan isi komentar dengan kata-kata yang sopan. Anda sopan, kami segan.